artikel yang sangat bagusss… ijin reblog ya

Dunia Sehat

Hai ibu-ibu..🙂 ada yang masih bingung bagaimana memberi makan pada anak saat umurnya sudah 6 bulan?

Yuk dibaca artikel berikut ini:

Pemberian makan pada anak sebaiknya disesuaikan dengan tahapan perkembangan tubuhnya. Sebagai manusia kecil yang sedang sibuk tumbuh berkembang, kebutuhan zat gizi tubuh anak sangat banyak loh. Jangan sampai dia kekurangan asupan zat gizi karena efeknya sangat fatal sekali, bahkan hingga kelak di usia dewasanya. ASI saja sudah tidak cukup buat anak di atas 6 bulan yaa…

defisit energidefisite zat besi

Dalam pemberian MPASI menurut MPASI WHO ini mudah sekali, bayi boleh makan apa saja dari menu meja makan keluarga dan harus diperhatikan: frequency (frekuensi MPASI), amount (jumlah takaran MPASI), thickness (tekstur makanan MPASI), variety (jenis), active/responsive feeding dan higiene.

1. Frekuensi pemberian makan MPASI 

Pada awal MPASI WHO setelah bayi genap berumur 6 bulan (5 bulan 30 hari),  frekuensi MPASI makanan utama/makan besar diberikan…

View original post 3,171 more words

“kenapa gak lanjut kerja?” — “ngurus anak, masa anak yang udah dititipkan Tuhan dititipkan lagi….”

“ibu mau gak menitipkan harta berharga ibu pada orang lain? lantas kenapa Ibu tega menitipkan anak pada orang lain?”

Quote di atas pernah berseliweran beberapa tahun lalu di newsfeed facebook saya, pun pernah saya baca di notes beberapa teman bahkan ada yang membroadcast di blackberry messenger. Pada awalnya saya memang tergelitik dengan kalimat tersebut, karena status saya yang bekerja pada waktu itu namun belum menikah dan punya anak. Apa sebegitu “buruk” menjadi wanita bekerja alih alih jadi Ibu Rumah Tangga yang “full” mendedikasikan waktunya mengurus rumahtangga. Namun setelah saya sampai di posisi menikah dan memiliki seorang anak, entah kenapa kuping saya panas membaca kalimat tersebut yang (ternyata) semakin santer saya liat di berbagai medsos.

Menjadi ibu saya akui memang berat untuk (saya) jalani. Bagaimana capeknya mengurus buah hati, bagaimana khawatirnya akan pola asuh bagi anak pertama bagi newmom seperti saya, berbagai kritik dan mitos yang harus dihadapi setiap waktu, belum lagi berbagai impian/cita cita/ambisi yang ingin dicapai tapi harus dikalahkan demi darah daging sendiri… ah, semua itu berat untuk dipikirkan, tapi begitu memandang wajah polos yang memandang penuh cinta, semua itu tak ada artinya memang…

Pengalaman pertama saya waktu meninggalkan anak untuk bekerja pertama kali sungguh tak karuan, perasaan galau sudah menghinggapi berminggu-minggu sebelum masa cuti melahirkan habis. dan begitu hari itu tiba, air mata saya tak berhenti menetes (secara sembunyi sembunyi). simply because “saya kangeeeennn anak saya”

Pada saat itu saya bertanya pada diri sendiri, “apa saya begitu tega ya meninggalkan anak saya”

Berulang kali saya bertanya pada diri sendiri, namun seluruh partikel dalam tubuh saya menolak pernyataan tersebut. Saya bekerja atas izin suami saya dan salah satu ikhtiar kami agar bisa “menghidupi” anak kami nanti dengan lebih layak.

Saya dan suami bukan dari keluarga yang mewarisi harta kekayaan melimpah, kami dari keluarga sederhana yang realistis saja, jika saya tidak ikut membantu bekerja, mungkin cita cita kami untuk masa depan akan sedikit sulit untuk direalisasikan.

Beda keluarga, beda habbit dan beda cita-cita, tak usahlah dipukul rata dengan sembarangan men-judge ibu yang bekerja adalah ibu yang tega. Yang mengeluarkan statement pernah mikir gak?, jangan muluk muluk dulu deh kalau bekerja berarti hanya untuk “mengejar karir”, “memajukan perekonomian bangsa”, dll.. bagi saya itu urusan nomer kesekian juta…

Pernahkah terpikir, Para dokter, perawat, bahkan guru TK/SD yang wanita, apakah mereka juga tergolong “Ibu Tega” yang harus bekerja dan “menitipkan” anak mereka?, padahal mereka bekerja/melayani untuk anak anak kita juga loh, lantas mulut kita masih “tega” mengeluarkan statement seperti “Ibu Tega”

Pernahkah terpikir, untuk berpisah sementara dengan buah hati, para Ibu Bekerja harus menahan tangis?, apakah dengan bekerja para wanita tidak sempurna menjadi seorang Ibu?, Apakah dengan bekerja kami “melupakan” tugas kami menjadi Ibu?

Dengan bekerja, kami juga berjuang kok ibu-ibu…. Selepas lelah kami bekerja apakah kami bisa leyeh leyeh saja? TIDAK, kami cuma sedikit menunda pekerjaan kami di rumah…

Salut dan Respect saya tetap kepada para Ibu Ibu yang di rumah yang bisa “full time” bersama buah hati, namun maaf, saya sama sekali tidak respect dengan orang-orang yang begitu “tega” men-judge bahwa Ibu Bekerja adalah Ibu yang TEGA!!!

Imunisasi yang Dianjurkan

Posted: February 9, 2015 in Uncategorized

Penting buat diketahui.. 👶

Tahukah Bunda?

Ada 7 jenis imunisasi yang non-PPI (Program Pengembangan Imunisasi) alias dianjurkan. Meski tak wajib, tentu tak ada salahnya bila kita tetap mengimunisasikan si buah hati, mengingat dampaknya yang berbahaya bila si kecil sampai terkena penyakit yang seharusnya dapat dicekal oleh imunisasi ini.

1. IMUNISASI HIB

Sesuai namanya, imunisasi ini bermanfaat untuk mencekal kuman HiB (Haemophyllus influenzae type B). Kuman ini menyerang selaput otak sehingga terjadilah radang selaput otak yang disebut meningitis. Meningitis sangat berbahaya karena dapat merusak otak secara permanen sampai kepada kematian. Selain mengakibatkan radang selaput otak, kuman ini juga dapat menyebabkan radang paru dan radang epiglotis.
Mula-mula, kuman ini berada di dalam rongga hidung kemudian masuk ke darah dan menyebar sampai ke otak dengan masa inkubasi satu minggu. Gejala yang muncul bisa berupa demam tinggi lebih dari 38,50C, pusing, menggigil, kejang-kejang, dan kesadaran menurun. Bila sudah terjadi serangan harus diatasi dengan segera dan tepat oleh dokter yang memahami…

View original post 2,270 more words

HELLLAAAAWWWWW…..

It’s really been a millionsssss time ago since the last post, i’ve been busy lately, well enjoying my wifey-dovey life.. ^^

oke, i’ll make it short

jadi gini yaa, setelah 3 tahun pacaran dan melewati berbagaaai rintangan dalam dan luar.. akhirnya dilangsungkan jugaa perhelatan dua insan manusia sangat berbeda ini.. hihihi… kalo pertemuan keluarga nya sih udah dari tahun 2012 sik, tapi ya mau gimanaa.. kita berdua sok sibuk ngurusun project yang gak kelar kelar… *hammer*

menyatukan 2 budaya yang amatlah berbeda ini susah-susah gampang, kenapa banyakan susahnya dibanding gampang nya? well, karena masing2 punya keinginan”tersendiri” dalam perhajatan ini. Yah, karna kebetulan Papa saya adalah seorang Datuk di Minang, makanya semua impian nyeleneh saya ada sebagian yang gak akan dapat disalurkan (bye bye outdoor wedding) dan pihak si patjar merupakan keturunan Jawa tulen dan kebetulan si patjar adalah anak sulung…wheeeww

Tapi, bersyukurrrrr banget emang ya kalo emang restu dan ridho Orang Tua udah didapet dari awal, semuanya jadi dipermudaaaahh banget.. baik pihak keluarga saya dan pacar tidak terlalu keukeuhh sama adat masing-masing, well kita ambil yang baiknya dan tinggalkan yang gak penting :p

Persiapan pertama ya jelas saja TANGGALNYAAAAA… yang mana ini udah keundur 1 tahun, hiks… karna rencana nya dulu mau nikah tanggal 11 Januari 2013 sik, (mau nya si fans fanatik GIGI *lirik patjar*), dan disinilah saya pertama kali diperkenalkan dengan yang namanya WETON, Primbon jawa buat nyari “tanggal bagus” pesta pernikahan gituu. Jadilah saya yang memiliki kemampuan super cetek dalam urusan tanggal menanggal ini sampe pegel jempol nya scroll callendar buat nyari saya itu lahir nya hari apa sih, pahing, kliwon, legi, ato gimanaaaaaa…. dan setelah 2 hari nyari akhirnya dapet, hehehehe. Bagaimana dengan si Patjar? apakah dia dengan mudah menjawab pertanyaan itu? hohoho tidak sodara sodara, dia lebih paraaahhh dari saya, untung aja ada adek nya yang bantuin. Pfiuhhhh kelar deh 1 masalah.. Akhirnya didapet tanggal 24 Januari 2014 (kalo diliat liat cantik juga sik 24012014) :p

Persiapan kedua yang sangatlah rempong adalaaahh….. yak benar sekali… banyuuaaakkk banget hal hal ribet yang harus diurus. segala tetel bengek persiapan pernikahan yang mana saya sempet dimarahin keluarga karena “terlalu cuek”, hhiks maapkan anakmuuuu inihhhh

eits.. kelupaan, didalam hiruk pikuk heboh ngurus proyek kerjaan saya sama hari pernikahan yang makin deket, saya tepaaar aja gitu loh, yapp.. masuk Rumah Sakit Lagi (kejadian ini akan dibahas terpisah)

tapi yah, saya kadang merasa tertolong sama kemampuan “the art of kepepet” yang saya milikin, jadi gini ya critanya.. saya itu maunya Hari Pernikahan saya itu merupakan hari yang gak akan pernah saya lupa… saya gak mau donggg terlalu mainstream ngikutin trend sana sini.. minimal trend di liingkungan sekitar saya, tapi yah… semua ide ide saya emang gak terealisasi sepenuhnya.. minimal KARTU UNDANGAN SAYA GAK SAMAAN SAMA ORANG LAIN.. hahahaa.. yepp, saya design sendiri modelnya.. walau sederhana aja sik, tapi saya yakin ini belom pernah dipake (minimal saya belom pernah liat sih) daaan menggunakan kertas daur ulang.. jadi terlaksana lah konsep VINTAGE yang saya inginkan😀

well next yaa baju nikah, make up, dan baju adat nya dong yaahh…kebetulan emang kita make Adat Minangkabau buat pesta nya. daaannn keluarga sudah langganan sama Vendor nya, emang bagus sih.. soalnya si vendor ini udah go internesyenel.. hahaha lebay deh gue, tapi beneran, si vendor udah biasa ikutan Wedding Expo dalam dan luar negri gitu.. jadi amanlah yaaa… Dan ada hubungan juga sama si papa.. hahahaha

Image

mungkin karna saya yang pake jadi biasa aja kali yah, huhuhuhu

dan seragaaamm keluargaaa yang sangatlah rempong ternyata sodara sodaraaaa…

Buat seragam keluarga aja gue harus menghabiskan waktu 2 bulan sendiri untuk hunting bahan. saya pake material Songket Silungkang Asli yang mahalnya naujubilee pengerjaan nya 1,5 bulan sendiri, belom lagi nyari atasan brokat nya saya hunting ke Pasar Baru dari Pagi ampe maleemmmmmmm.. busettt, deh.. tapi setelah jadi hasilnya lumayanlahh

Image

apalagi yah? ini kok udah gak berurutan lagi posting nya.. hehehe yaudahlah yaa

well, 2 uni gue sebelumnya pas pernikahan mereka menolak mentah mentah yang namanya “organ tunggal” jadinya mereka cuma request pake dvd music kesukaan mereka aja pas wedding nya… nah gue? HOHOHOHOHO gue pakeee donggg.. hahahaha tapi gue nyari yang asik dan seru, plus gue make nya BAND PERCUSSION LENGKAP! hahahaha syahdu syahdu gimana gitu deh pesta nya… niat awalnya pengen ngundang Payung Teduh sik, tapi kayanya mustahil… jadi nya gue pake Band Percussion yang udah biasa manggung di Caffee dan hotel.. hasilnyaaa??? bagussssss boookkkk… sayang gue gak sempet foto ama mereka… lebih tepatnyaa gak ada yang fotoin gue ama merekaa karena HP gue entah kemana raibnya pas hari pernikahan…

satu lagi sik yang bikin gue terharu… ke-6 sahabat gue lengkap hadir di pesta gue dan sahabat gue sarah juga udah dateng jauh jauh dari jakarta.. huhuhuhuhuuuuuu akoohhhh terharuuuuuuu teman temannnnn

Image

itu yang gue pake sunting nama nyaa dan baru dicopot jam 9 malem ajaaa… hohohoooo dahsyaattttttt……

keseluruhan, pesta nya berjalaann sangaaattttt sempurna (menurut gue), tamu tamu nya banyaaak banget yang datang, makanan cukup (dan enak kata orang orang).. telimakaciuwww

oh iya satu lagi, cicing gue bikin gue terharu… dia selalu jagain kamar penganten gue dari malem ampe pagi… gak pernah beranjak dari sana… oh cicinggg… besarnyaa cintamuuu

Image

walaupun pesta gue bukan di gedung mewah, cukup di rumah saja… tapi gue bahagiaa banget, segala sesuatu nya berjalan pas… lebih homey aja suasana nya.. dekorasi dan venue juga gak masalah ternyata.. hihihi papa mama gue udah mikir kaya gini kaya nya sebelum bangun rumah

Well, from this moment on my zaujiy….

Image

well, for those who’s asking…

1. Nope, gue gak pake prewedding photo… karna… yah, it is not me🙂

2. Gue gak ada tuker cincin sama suami, karna yang namanya Perhiasan itu dilarang bagi laki-laki🙂

(DAMN) Politics

Posted: December 10, 2013 in thought

Politik adalah omong kosong dengan kemasan Retorika dan Ambisi Kekuasaan Semata

Well, i don’t have a clue why did i wrote this serious topics on my blog right now. I am not a kind of politics-person (don’t know how to named it). and I seriously never suggest anybody to skip their right to give a vote. What i wanna write is just simply my thought about the politics.

My mom told me that my cousin is one of the candidates for city mayor and i think that he is over confident with his power, he thought that he could get everything on the first place, everything he wants would he get on his arms (Blahhh….)

He came to my mom, and asking me to write down his name on my wedding invitation cards, WHAT THE HELL HE WAS THINKING???? why should i care and give a damn about his ambition? he doesn’t knew me at all, he doesn’t care about my family through years, and why suddenly he just came and asking stupid things?

i just laughed at him, is he serious to ask the won’t-never-happened-thing to me? i am quit sure he came and SOK BERAKRAB AKRAB RIA wif my family just to use my family name to win the election. sorry brother, money can’t buy me happiness. do not need yours to buy me, i have my own bucks anyway

and then i think, what is exactly politics mean to us. they just suddenly came out, brought us the promises and wise-and-good personality, where the hell are they before?

Hectic Days

Posted: December 6, 2013 in curhat

HELLLLLLOOOOOOO THEREEEE….

hahaha seems like decades i didn’t post anything on this poor blog, well, I’ve been busy lately. My Job had my attention FULLY.. the chaos everywhere… well, what’s news??

Nothing special, but…

I had a busy trip at the end of this month. A Very Hectic Way to end this November. I never apply any off-days so i thought it was the right time to apply it on 27 November, besides.. my TWO special bestfriend are getting married on 30th November. and there it goes, i got my flight and guess what…. yeppp, my boss didn’t allowed me to enjoy my self on my own holidays. He ALWAYS and STILL calling me, texting me, emails me everyday and everytime. He asked everything like there will be NO tomorrow… How could he be like that, what did I do ’till he thought i am a robot for him? blaaah… and still i replies him. (chicken plays on the backsound. ha ha). I slept oon 3;00 AM on my own HOLIDAY.. yeah, good job! oh well, can you imagine my HOLIDAY ITTN?

              Padang-Jakarta-Subang-Purwakarta-Subang-Jakarta-Padang-Medan-Padang on 5 day

and…….

i feel alone… i feel like there’s noone on my side anymore to listen my story, to hear his jokes, and to laugh together… even to get angry at me to my sillyness…. he’s gone now… something borrowed from me couldn’t back, well, what can i say… smile and wave good bye bravely

we were born alone, we died alone, so why do we scared to live the life alone?

Laptop Rusak

Posted: November 18, 2013 in Uncategorized

Aaarrrgghhhh bete deh ah… Laptop gue rusak disaat tidak tepat!!!! Emang sih pengen banget punya macbook pro yg supertipis itu, tapi gue masih cinta sama Sony Vaio S Series gue, mana data banyak yang belom dipindahin ke HD Eksternal…… Data-data kerjaan, music, film gue…. Belom lagi data wedding gue… Hiks